Senin, 30 Mei 2011

sejarah comic

Sejarah
Mendongeng dengan menggunakan urutan gambar telah ada sepanjang sejarah. Salah satu contoh Eropa abad pertengahan dalam bentuk tekstil adalah Bayeux Tapestry. contoh Dicetak muncul di Jerman abad ke-19 dan di Inggris abad ke-18, di mana beberapa satir atau lucu gambar berurutan naratif pertama diproduksi. kartun 18 William Hogarth Bahasa Inggris abad termasuk urutan narasi keduanya, seperti Progress A Rake, dan panel tunggal.
The pauperum Biblia ("orang miskin 'Bible"), sebuah tradisi Alkitab gambar dimulai pada Abad Pertengahan, kadang-kadang digambarkan peristiwa Alkitab dengan kata-kata yang diucapkan oleh tokoh-tokoh dalam miniatur tertulis di gulungan keluar dari mulut mereka-yang membuat mereka untuk beberapa sejauh nenek moyang strip kartun modern.
Koran pertama komik strip muncul di Amerika pada akhir abad 19. [3] The Yellow Kid biasanya dikreditkan sebagai yang pertama. Namun, bentuk seni menggabungkan kata dan gambar berevolusi secara bertahap, dan ada banyak contoh-komik strip proto.
Guru penulis, Swiss dan karikatur artis Rodolphe Toepffer (Jenewa, 1799-1846) dianggap sebagai ayah dari strip komik modern. cerita-Nya digambarkan seperti Histoire de M. Vieux Bois (1827), pertama kali diterbitkan di Amerika Serikat pada tahun 1842 sebagai The Petualangan Obaja Oldbuck atau Histoire de Monsieur Jabot (1831), generasi berikutnya terinspirasi dari Jerman dan seniman komik Amerika. Pada tahun 1865, pelukis penulis, Jerman dan ahli karikatur dibuat Wilhelm Busch strip Max dan Moritz, sekitar dua masalah pembuatan anak laki-laki, yang memiliki pengaruh langsung terhadap strip komik Amerika. Max dan Moritz adalah serangkaian cerita sangat moralistik dalam vena cerita anak Jerman seperti Struwwelpeter ("Shockheaded Petrus"); dalam satu, anak-anak, setelah melakukan praktik kenakalan beberapa, yang melemparkan ke dalam karung gabah, jalankan melalui penggilingan dan dikonsumsi oleh sekawanan angsa. Max dan Moritz memberikan inspirasi bagi Jerman Rudolph Dirks imigran, yang menciptakan Kids Katzenjammer pada tahun 1897. Familiar komik-strip ikonografi seperti bintang-bintang untuk rasa sakit, menggergaji log untuk mendengkur, balon balon bicara dan pemikiran berasal dari strip Dirks '. [4]
Sangat populer, Katzenjammer Kids disebabkan salah satu hak cipta sesuai dengan kepemilikan pertama komik strip dalam sejarah media. Ketika Dirks meninggalkan William Randolph Hearst untuk janji gaji yang lebih baik di bawah Joseph Pulitzer, itu adalah langkah yang tidak biasa, karena kartunis teratur sepi Pulitzer untuk Hearst. Dalam keputusan pengadilan yang sangat tidak biasa, Hearst mempertahankan hak atas nama "Katzenjammer Kids", sedangkan Dirks pencipta mempertahankan hak atas karakter. Hearst segera menyewa Harold Knerr untuk menarik versi sendiri strip. Dirks diganti versinya Hans dan Fritz (kemudian, Kapten dan The Kids). Jadi, dua versi yang didistribusikan oleh sindikat saingan menghiasi halaman komik selama beberapa dekade. versi Dirks ', akhirnya didistribusikan oleh United Feature Syndicate, berlari sampai 1979.
Di Amerika, popularitas besar komik muncul dari perang koran (1887 dan seterusnya) antara Pulitzer dan Hearst. Little Bears (1893-1896) adalah komik Amerika pertama dengan karakter berulang, sementara warna pertama suplemen komik diterbitkan oleh Chicago Inter-Ocean kapan di paruh kedua 1892. Pada tanggal 31 Januari 1912, Hearst memperkenalkan halaman pertama komik bangsa penuh setiap hari di di New York Evening Journal [5].
Di Cina, dengan tradisi pencetakan blok dan penggabungan teks dengan image, eksperimen dengan apa yang menjadi tanggal lianhuanhua kembali ke 1884

Tidak ada komentar:

Posting Komentar